Buru Gembong Narkoba, Polisi Razia Facebook

MANILA – Kepolisian Filipina berhasil menembak mati seorang pimpinan kelompok pengedar narkoba yang juga dikenal sebagai ketua gangster, Ivan Padilla.

Polisi berhasil menemukan penjahat berusia 23 tahun setelah melacak akun Twitter dan Facebook kelompok yang meresahkan masyarakat tersebut.

“Kami sangat berterima kasih dengan perkembangan teknologi, kelompok ini yang rata-rata beranggotakan anak muda dan tentunya mereka sangat dekat dengan jejaring sosial,” kata juru bicara kepolisian, Superintendent Rommel Miranda seperti dilansir Watoday, Rabu (4/8/2010).

Kepolisian Filipina, lanjut Miranda, mulai gencar memburu para pelaku kejahatan melalui Twitter dan Facebook. Rata-rata para pencuri mobil, pengedar narkoba sering bertransaksi melalui kedua jejaring sosial tersebut.

Polisi, lanjut Miranda, takkan membeberkan seluruh detail akun-akun Facebook dan Twitter yang sedang menjadi perhatian polisi. Pasalnya, mereka masih memburu enam kelompok kriminal lainnya, yang juga kerap aktif melalui kedua situs tersebut.

Selain itu dikatakan Miranda, kebanyakan penjahat tinggal di lingkungan kelas atas di Manila. Mereka adalah anak-anak muda, cantik, dan kerap keluar-masuk diskotik untuk menjajakan narkoba. Bahkan salah satu gang tersebut pernah mencuri mobil milik mantan menteri luar negeri Filipina dan mobil milik aktor Filipina.

“Ivan Padilla memiliki banyak jaringan sehingga mudah untuk mencarinya. Mereka juga merekrut anggota melalui jejaring sosial,” kata Miranda.

Sementara itu, Facebooker juga langsung membuat Fan Page yang ditujukan untuk menghormati Padilla. Fan Page tersebut langsung diserbu ratusan pengguna Facebook asal Manila.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s