Cara Menggunakan WINDOWS MOVIE MAKER

Sistem operasi Microsoft Windows XP tidak hanya digunakan sebagai jembatan untuk menuju suatu aplikasi saja , melainkan banyak fasilitas yang bisa di gunakan untuk menunjang system computer Anda. Salah satu aplikasi yang cukup baik dan sangat berguna untuk membuat sebuah Video atau Movie adalah Window Movie Maker .
Windows Movie Maker atau di singkat WMM adalah sebuah program editing video yang sangat sederhana , didesain untuk pemilik PC dengan sedikit pengalaman untuk membuat video rumahan . Windows Movie Maker mendukung hampir semua format video , movie , media , MP3 dan lain-lain .
Beberapa keistimewaan WMM :
1. Mengimpor video klip dari video kamera digital
2. Menyimpan seluruh koleksi video rumah di computer PC
3. Mengatur klip-klip sesuai dengan urutan yang kita inginkan
4. Menggunakan efek Fade atau Dissolve antar klip
5. Member judul , music latarbelakang, efek suara, dan narasi suara ke dalam klip video kita .
Berikut ini cara menggunakan Windows Movie Maker , antara lain :
1. Pada desktop computer kamu ,
• klik START
• klik PROGRAMS , lalu pilih ACCESSORIES , dan terkhir adalah pilih WINDOWS MOVIE MAKER . Maka kamu akan masuk ke aplikasi tersebut . kemudian , ikuti langkah berikut .

// <![CDATA[
// < ![CDATA[
//

2. Jika aplikasi sudah mendukung , klik FILE dan klik NEW PROJECT (ctrl+N) , untuk memulai aplikasi tersbut .

3. Kemudian klik FILE lalu klik OPEN PROJECT untuk mengambil gambar di folder yang akan kita edit di Windows Movie Maker .

4. Sesudah itu , maka muncullah kotak dialog . pilih gambar yang akan di edit lalu klik OPEN . maka muncullah gambar tersebut di Windows movie maker .

Dalam Windows Movie Maker, Anda merekam atau mengimpor dari media lain dan Anda dapat mengeditnya secara langsung sebelum hasil rekaman tersebut disimpan . Proses editing ini di lakukan dalam tampilan STORYBOARD atau TIMELINE .
5. Dalam menggunakan Windows Movie Maker ini , saya sering menggunakan proses editing dalam tampilan STORYBOARD . Dengan cara klik kanan , dan klik ADD STORYBOARD , maka akan menampilkan gambar tersebut dalam dalam tampilan storyboard . perhatikan gambar di bawah ini .

6. Sesudah itu , jika kita ingin mengeditnya lebih bagus lagi , Anda bisa menambahkan Video Transitions dalam movie Anda , dengan cara klik COLLECTIONS , lalu klik VIDEO TRANSITIONS . Maka akan muncul kotak dialog yang berisi macam – macam video transitions dalam berbagai bentuk .

7. Pilih salah satu bentuk , misalnya transitions BARS atau CHECKERBOARD ACROSS , dan contohnya akan muncul , seperti yang di bawah ini :

8. Kemudian dalam bentuk transitions checkerboard across , klik kanan lalu copy ke tampilan Storyboard dan akan sendirinya bentuk itu terpaste ke tampilan tersebut .

9. Sesudah itu jika kita ingin melihat hasil dari bentuk transitions tersebut , lihatlah di samping , maka hasilnya adalah sebagai berikut .

10. Setelah itu , movie telah selesai . apabila Anda ingin menyimpannya , maka langkah-lagkahnya adalah sebagai berikut :
• Klik FILE
• Klik SAVE MOVIE FILE , maka akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini .
• Dan terakhir , klik NEXT dan maka movie yang Anda buat akan tersimpan secara otomatis .

11. Dan terakhir , sesudah Anda menyimpan movie yang Anda buat , secara otomatis akan muncul WINDOWS MEDIA PLAYER , dan akan menampilkan movie yang telah Anda buat .

Demikian langkah-langkah dalam menggunakan windows movie maker telah selesai. Selamat mencoba !!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s