DownThemAll

DTA-logo

Mozilla Firefox terkenal sebagai browser yang menawarkan banyak add-on untuk melengkapi fitur-fiturnya. Saking banyaknya add-on yang ada, pengguna terkadang bingung untuk memilih add-on untuk diinstall. Ada pengguna yang menginstall banyak add-on sekaligus (yang pada akhirnya membuat Firefox jadi berat).

Ada juga pengguna yang sama sekali ga menginstall add-on (yang membuat Firefox jadi “kurang” keren). Berikut akan dibahas salah satu add-on Firefox kesukaan Saya: Down Them All.

Down Them All (DTA) adalah add-on yang dibuat sebagai download manager pada Firefox. Add-on ini sangat berguna melihat download manager bawaan firefox yang kurang bagus jika dibandingkan dengan download manager bawaan Opera (IE ga usah dibandingin karena banyak yang udah tau gimana jeleknya download managernya :p). Karena merupakan add-on, DTA berjalan di atas Firefox, sehingga request yang dilakukan DTA (ketika mendownload file) dikenali sebagai request yang dilakukan oleh Firefox. Hal ini cukup berguna ketika pengguna mendownload file dari server yang tidak mengizinkan penggunaan program download manager (misalnya FDM, Gigaget, Mass Downloader, dll), meskipun terkadang penggunaan DTA untuk mendownload di server macam ini juga bisa gagal. Hal ini juga berguna pada server yang mengharuskan adanya cookies atau session sebelum bisa mendownload file (keduanya akan langsung diambil dari Firefox).

Berikut ini beberapa kelebihan dari DTA:

1. Memiliki beberapa fitur program download manager

DTA dapat melakukan beberapa fitur dasar program download manager seperti pause dan resume download, membuka beberapa koneksi sekaligus, bit checking, dll. Hal  ini akan mempermudah file untuk sampai ke komputer kita dengan lengkap dan cepat.

List-downloadDownload List

download-progressProgress Download

2. Dapat mendownload banyak link sekaligus dalam satu halaman web

Ini adalah salah satu fitur yang mendasari nama DTA, Down Them All. Dengan menekan klik kanan dan memilih DownThemAll! pada sebuah halaman website, DTA akan membuat list semua file yang bisa di download dari halaman tersebut, mulai gambar, video, software, dll. Cukup pilih file-file yang diinginkan, dan DTA akan mendownload mereka. Cara ini cukup cepat dibanding harus melakukan Save As pada masing-masing link. Kita juga dapat menggunakan filter yang telah disediakan untuk mempercepat pemilihan jenis file.

down-them-all_lalu-pilihTools menu

3. Mudah mendownload banyak file dengan link terurut

Fitur ini menurut saya adalah fitur paling asyik dari DTA. Tapi sebelum menggunakannya, kita harus mengetahui bagaimana cara penamaan link dalam sebuah server.

Misalnya terdapat sebuah website yang menawarkan link download e-book. Website tersebut membagi link downloadnya dalam tiap chapter yang disimpan pada halaman berbeda.

Contohnya link untuk chapter 1 disimpan pada halaman http://www.downloadgratis.com/chapter1.html, link untuk chapter2 ada pada halaman http://www.downloadgratis.com/chapter2.html, dst.

Dari halaman pertama, kita tau bahwa file e-book chapter1 dapat di download pada link http://www.downloadgratis.com/file/e-book-chap01.pdf, dan dari halaman kedua kita tau bahwa file e-book chapter2 dapat di download pada link http://www.downloadgratis.com/file/e-book-chap02.pdf.

Jika buku ini memiliki 80 chapter, maka seharusnya kita akan membuka 80 halaman web untuk menemukan link download dan men-save as nya satu persatu. Namun dengan menggunakan DTA, kita hanya perlu merubah link downloadnya menjadi http://www.downloadgratis.com/file/e-book-chap%5B01:80%5D.pdf. Maka DTA akan secara otomatis mendownload e-book chapter 1 sampai chapter 80. Cukup mudah dan menghemat waktu.

Tulisan ini hanya penjelasan singkat beberapa fitur dari DTA. Silahkan coba sendiri untuk mempelajari fitur-fitur lainnya. DTA dapat diakses melalui Tools yang ada pada Firefox.

tools-menu

Download:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s