Historypin, Proyek Google Untuk Melihat Masa Lampau

Kecanggihan Internet memungkinkan kita menjelajahi dunia dari tempat duduk kita. Kini, melalui aplikasi terbaru Google Maps, kita bisa juga jadi penjelajah waktu.

Proyek terbaru Google yang diberinama ‘Historypin‘ telah mengubah Google Maps menjadi semacam mesin waktu. Caranya, dengan memungkinkan pengguna mencocokkan foto bersejarah alias foto kuno ke lokasi tertentu.

Para pengguna dapat  menelusuri foto menurut lokasi dan periode  waktu tertentu, atau memperbesar Google Street View untuk membandingkan kondisi hari ini dengan beberapa dekade lalu.

Setiap foto bisa disertai tanggal pengambilan foto dan juga cerita di baliknya.

Aplikasi ini dibuat oleh kelompok nirlaba ‘What Are What We Do’ yang berkolaborasi dengan Google. Proyek ini bertujuan untuk menjembatani komunikasi antargenerasi.

Annie Baxter dari Google Australia mengatakan, sejauh ini ada sekitar 6.000 foto dalam situs ini.

Foto-foto itu memiliki subyek yang bervariasi. Ada sekelompok orang yang sedang  membangun bunker serangan udara di timur Kota London pada 1930-an. Atau ada grup pop tenar, The Beatles, di sebuah kafe di Paris pada tahun 1964.

“Kami mendorong masyarakat untuk mengunggah (upload) lebih banyak foto, agar sumbernya makin komplit. Akan lebih banyak lagi yang diunggah tiap harinya,” kata Baxter.

Foto-foto yang diunggah berasal dari individu, arsip nasional atau grup seperti Selfridges, Marks & Spencer, Royal Albert Hall, dan klub sepak bola Arsenal.

Juru bicara The Royal Australian Historical Society, Donna Newton berpendapat, ‘Historypin’ adalah ide yang luar biasa. “Ini akan jadi salah satu cara untuk kami mendapatkan foto-foto kuno di luar sana,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s