Mari Bercakap-cakap Melalui Facebook ( Messenger )

Tak harus pakai BBM jika ingin bercakap-cakap dengan satu kelompok teman. Cukup pakai perangkat Android atau iOS.

Ada yang tidak punya akun Facebook? Rugi loh kalau tidak punya. Pasalnya, hanya dengan menggunakan satu layanan jejaring sosial Facebook, kamu dapat berbincang-bincang dengan teman-teman kamu melalui teks, gambar, atau suara. Bahkan kamu juga dapat bincang-bincang dalam satu kelompok teman kamu, seperti jika menggunakan layanan BlackBerry Messenger (BBM).

Eh tapi tak perlu pakai BlackBerry. Manfaatkan saja ponsel Android atau iOS. Gunakan salah satu dari dua aplikasi messenger yang memanfaatkan layanan Facebook ini, dan kamu dapat mengubah ponsel Android dan atau iOS kamu seperti halnya menggunakan peranti BlackBerry.

Facebook Messenger

Facebook memiliki sebuah aplikasi, bernama Facebook Messenger, yang memberikan fungsi khusus untuk melakukan percakapan antar sesama teman di Facebook. Aplikasi ini dapat dijalankan pada komputer desktop, peranti berbasis Android, BlackBerry, atau iOS.

Facebook Messenger dapat dipasang terpisah dari aplikasi Facebook for Mobile. Artinya, jika hanya mau dapat bercakap-cakap dengan teman Facebook kamu, kamu cukup memasang Facebook Messenger ini.

Untuk menggunakan Facebook Messenger, kamu juga tidak perlu membuat akun Facebook baru (jika belum punya). Cukup dengan nama dan nomor telepon kamu. Dengan aplikasi ini, kamu juga dapat mengirimkan foto dan atau suara kamu.

Pemakaian Facebook Messenger sangatlah mudah. Ikuti langkah-langkah sederhana berikut. 

1.   Pasanglah Facebook Messenger di peranti Android atau iOS kamu.

t9-430-mbc-fm02

2. Halaman awal yang dimunculkan pertama kalinya akan meminta kamu login ke Facebook. Tap-lah tombol [Log In With Facebook], dan masukkan e-mail dan password yang kamu gunakan di Facebook.

t9-430-mbc-fm03

3. Jika login berhasil, daftar pesan yang disediakan pada bagian Messages akan dimunculkan.

t9-430-mbc-fm04

4. Yang menarik, seluruh teman di Facebook kamu otomatis dapat kamu cari dengan cara men-tap ikon Contact di kanan atas. Dari daftar tersebut, ketikkan nama teman kamu yang hendak kamu ajak bicara, dan tap item nama teman kamu yang telah ditemukan.

t9-430-mbc-fm05

5. Pada halaman interaksi pesan, kamu dapat mengirim teks, foto dan atau suara, maupun emoticon. Ketika mengirim suara, Facebook Messenger akan merekam suaramu. Untuk merekam suara, tekan tombol Perekam selama kamu bicara. Setelah selesai, lepas penekanan tombol tersebut, maka suara kamu akan dikirim ke temanmu.

Salah Faceb soaotku M keeksuserannggear,
kita tidak dapat melakukan percakapan dalam suatu kelompok teman. Jika kamu membutuhkan kemampuan ini, silakan coba GroupVox.

GroupVox

Aplikasi ini boleh dikatakan sebagai sebuah aplikasi walkie-talkie maya yang menerapkan pendekatan Push-to-Talk (PTT). Artinya kamu dan teman atau sekelompok teman dapat saling bercakap-cakap melalui suara secara bergantian dan langsung. Hasil rekaman suara kamu akan tersimpan dalam history percakapan.

GroupVox akan menggunakan data teman-teman kamu yang sudah terdaftar di Facebook sebagai daftar kontak. Seperti halnya Facebook Messenger, aplikasi ini mudah dipelajari. Yuk kita coba!

1. Pasanglah aplikasi GroupVox di perangkat Android atau di perangkat berbasis iOS (iPhone, iPod Touch, atau iPad).

t9-430-mbc-ss02

2. Di halaman pertama sesaat setelah dijalankan, langsung saja tap tombol [Connect with Facebook]. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan akun Facebook kamu. GroupVox sekaligus akan meminta ijin kamu untuk membaca daftar temanmu.

t9-430-mbc-ss03

3. Jika proses perijinan tersebut berjalan sebagaimana mestinya, GroupVox akan langsung menampilkan layar pembuatan chat baru berdasar tiga alternatif, yaitu Group di Facebook jika kamu ingin berbincang-bincang secara group, atau Events tertentu, bisa juga ingin berbincang-bincang dengan satu teman tertentu. Perlu diingat, untuk dapat saling berbincang-bincang secara langsung, kamu dan teman harus sama-sama menggunakan GroupVox.

t9-430-mbc-ss04

4. Untuk dapat berbincang-bincang dalam sebuah kelompok teman yang sudah terdaftar di Facebook, pilih saja nama kelompoknya, lalu tap tombol [OK] untuk melanjutkan konfirmasi yang diberikan.

t9-430-mbc-ss05

5. Dari halaman perbincangan, kamu dapat menekan dan menahan tombol [HOLD AND TALK] untuk mengirimkan suara kamu ke teman lain. Jika suara telah terkirim, semua teman kamu yang telah memasang GroupVox pada ponsel masing-masing akan mendapat notifikasi. Jika aplikasi GroupVox pada ponsel temanmu sedang aktif terbuka, otomatis akan terdengar apa yang kamu sampaikan.

t9-430-mbc-ss06

6. Selain suara, kamu dapat mengirimkan pesan teks seperti pada messenger lain.

t9-430-mbc-ss07

7. Perlu diketahui, jika pembentukan ruang percakapan terjadi untuk pertama kalinya, secara otomati GroupVox akan meminta kamu memberikan ijin agar ia dapat menuliskan sesuatu pada Wall di grup yang kamu pilih sebelumnya. Pada Wall kelompok kamu akan muncul sebuah pesan dari GroupVox.

t9-430-mbc-ss08

8. Jika ingin meninggalkan percakapan dalam grup, pada layar percakapan tap-lah tombol panah ke bawah di sebelah kanan nama grup, dan tap item menu [Leave group].

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s