Inilah Galileo, Pesaing Raspberry Pi Buatan Intel

Pernah mendengar Raspberry Pi? Komputer mini seukuran kartu kredit ini cukup populer di kalangan pengguna PC, karena harganya yang (sangat) murah, sekira Rp400 ribu, dan mempunyai kemampuan yang cukup memadai.

Raspi bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti spreadsheet, game, bahkan bisa digunakan sebagai media player karena kemampuannya dalam memutar video high definition. Selain itu, karena sifatnya yang open source (berbasis Linux), Raspi bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan penggunanya.

Melihat hal itu, sepertinya Intel tertarik untuk memasuki ranah mini PC, karena baru-baru ini mereka memperkenalkan Galileo Development Board ke publik. Ini adalah produk pertama dari Intel di jajaran Arduino-compatible development board yang menggunakan system-on-chip Quark X1000.

Quark adalah SoC hemat energi dari Intel yang dikhususkan untuk Wearable Computing, dan perangkat yang berbasis internet. Soal kecepatan, Quarck berbasis single-thread Pentium yang berkecepatan 400MHz.

Sebanyak 50 ribu board berbasis Quark tersebut akan diberikan kepada 1000 universitas di seluruh dunia dalam waktu 18 bulan ke depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s